Templates by BIGtheme NET
Rumah » informasi » FKPT Sumbar Beri Pemahaman Bahaya Terorisme
21barang-bukti-terduga-teroris-sijunjung-sumbar

FKPT Sumbar Beri Pemahaman Bahaya Terorisme

Padang, (AntaraSumbar) – Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Barat memberikan pemahaman bahaya radikalisme dan terorisme kepada 240 pemuda, majelis taklim, dan kalangan “bundo kanduang” di daerah itu.
“Meskipun selama ini Sumbar masih aman dari paham berbahaya ini, kami harus tetap waspada dengan membentengi masyarakat dengan pemahaman terkait bahaya radikalisme dan terorisme itu,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Ali Asmar saat membuka acara tersebut di Padang, Selasa.
Menurut dia, kegiatan yang digelar FKPT Sumbar tersebut merupakan sebuah upaya yang patut untuk diapresiasi.
“Pemuda merupakan salah satu komponen masyarakat yang menjadi bidikan teroris untuk direkrut menjadi anggota. Karena itu perlu dibekali dengan pemahaman yang benar terkait paham yang berbahaya,” katanya.
Sementara itu, perempuan dan bundo kanduang, menurut dia, memiliki peran penting dalam perkembangan psikologi generasi muda sehingga dengan memiliki pemahaman yang memadai terkait bahaya radikalisme dan terorisme dapat mentransfer pemahaman itu pada generasi muda.
Selain itu, dia mengapresiasi usaha FKPT Sumbar yang dapat mengusahakan anggaran dari pusat untuk melaksanakan kegiatan tersebut. “Menggaet anggaran dari pusta itu bukan perkara mudah,” katanya.
Sementara itu, Pelaksana harian Ketua FKPT Sumbar, Agusrianto, menambahkan bahwa Badan Nasional Penanggulangan Terorisme(BNPT) mengucurkan dana sekitar Rp1 miliar untuk untuk mencegah menyebarnya paham radikalime dan terorisme di Sumbar.
“Anggaran ini kami manfaatkan untuk menggelar kegiatan yang menyasar berbagai lapisan masyarakat diantaranya tokoh pers, pemuda, perempuan dan bundo kanduang, tokoh pendidikan, agama dan masyarakat yang berkecimpung dalam bidang sosial, budaya dan hukum,” katanya.
Dia berharap kegiatan itu akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Sumbar.
Sekretaris FKPT Sumbar, Zil Alisman, mengatakan, kegiatan yang dilakukan itu adalah yang kedua digelar oleh forum tersebut dan masih akan ada dua kegiatan lain yang serupa.
“Besok kita jadwalkan kegiatan yang sama dengan peserta tokoh pendidikan dan keagamaan,” katanya. (*)

Tentang admin

Kemampuan saya mencari sumber berita yang aktual, memukau dan dapat dipercaya kredibilitasnya, membuat saya bergabung dengan JalanDamai ini. Saya memberikan informasi yang independen dan konsisten dengan Perjuangan.